Aneka Anyaman Bambu yang Bernilai Guna dan Memiliki Unsur Estetika Tinggi



Anyaman adalah serat yang dirangkaikan hingga membentuk benda yang kaku, biasanya untuk membuat keranjang atau perabot. Anyaman seringkali dibuat dari bahan yang berasal dari tanaman, namun serat plastik juga dapat digunakan. Bahan yang digunakan bisa bagian apapun dari tanaman, misalnya inti batang tebu atau rotan atau keseluruhan ketebalan tanaman, seperti misalnya dedalu. Tapi dalam artikel ini saya akan membahas mengenai anyaman dari bambu yang sudah mulai ditinggalkan teman-teman kaula muda. Apakah menarik?
Mari kita bahas bersama dan melihat betapa indahnya anyaman dari bambu itu yang tidak kalah dari anyaman dari bahan lainnya, sebelum itu mari kita bahas bambu terlebih dahulu agar menyamakan persepsi pemahaman. Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60 cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.
  


Gambar 1: Bambu sebagai dasar anyaman

Setelah mengetahui bersama mengenai dasar dari pembuatan anyaman ini, Berikut ini adalah berbagai kerajinan dari anyaman bambu yang memiliki nilai estetika dan juga nilai jual yang tinggi.


 
Gambar 2: Tempat Tisu Cantik dari bambu



Gambar 3: Penutup lampu keren dari bambu



Gambar 4: Tempat tisu dari bambu


Gambar 5: Rumah sederhana dari bambu


Sudah kita lihat bersama bahwa contoh diatas keren-keren kan, anyaman bambu memang tradisional akan tetapi Hasil anyaman bambu tidak hanya memiliki sekedar fungsi praktis tetapi juga memiliki fungsi estetis. Dengan kreativitas banyak tercipta berbagai karya dari anyaman bambu yang telah dibuat oleh masyarakat. Bentuk yang unik membuat anyaman bambu bisa juga dijadikan aneka ragam souvenir baik sebagai oleh-oleh khas daerah dan juga souvenir pernikahan.


Karya by: Satria Bagus Dwi Mahendra (14510010)

Ref:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Kerajinan Tangan Sebagai Identitas Kota Tuban

Kerajinan tangan khas suku Dayak