4 Kerajinan Tangan Sebagai Identitas Kota Tuban

Seni budaya di indonesia adalah hal yang sangat familiar di mata masyarakat. Tak hanya kota lain di indonesia, Tuban juga memiliki banyak kerajinan tangan yang menjadi ciri khasnya tersendiri. Tingginya seni budaya kota Tuban membuat kota ini memiliki banyak kerajinan tangan yang unik dan menjadi ciri khas. Kerajinan tangan ini berpotensi untuk dijadikan komoditas ekspor yang menjanjikan,

Jika masyarakat melestarikan kerajinan-kerajinan khas Tuban dan menjadikannya sebagai produk industri kecil kemungkinan besar akan memberikan peluang tenaga kerja sehingga dapat mensejahterakan masyarakat. Hasil Produksi ini dapat di jual di tempat-tempat wisata yang ada. Akan tetapi banyak masyarakat yang tidak tergelitik dengan hal ini mereka beranggapan bahwa melestarikan kerajinan-kerajinan serta memeliharanya supaya tetap eksis sangatlah sulit, selain faktor tersebut kebanyakan masyarakat kita lebih senang menggunakan media teknologi yang dapat mempermudah serta menghasilkan produk modern dari pada produk seni. Untuk itu perlu adanya kesadaran dari masyarakat untuk menjaga kerajinan kota Tuban yang sudah menjadi identitas diri. Kerajinan tangan yang sudah menjadi identitas tersebut antara lain:

1. Batik Tenun Gedog
Batik Tenun Gedog adalah batik khas tradisional khas tuban yang secara spesifik terletak di desa mandirejo, kecamatan Kerek (25 KM barat Tuban). Motif khas batik adalah gambar seekor burung Lacanang berhias bunga yang konon dibawa oleh prajurit Tar-Tar yang mendarat di pantai Tuban di zaman majapahit pada waktu itu.


2. Ongkek Tuak
Ongkek adalah tempat manaruh minuman Tuak & Legen yang dibuat dari bambu dengan dililit rapi oleh daun lontar.Saat ini agak jarang didapati penjual Tuak/Legen yang masih menggunakan Ongkek karena mereka lebih suka menggunakan jerigen. Bagi pengunjung Kota Tuban dapat dengan mudah untuk membeli miniatur Ongkek di pusat-pusat penjual cinderamata. Miniatur ini sangat bagus untuk hiasan ruang tamu keluarga.

3. Anyaman Bambu
Jenis anyaman terdapat lima jenis, yaitu : anyaman bambu, anyaman daun lontar, ayaman pandan, anyaman rembulung, dan anyaman sabut kelapa. Unit usaha yang memproduksi anyaman sebanyak 888 unit usaha, yang sebagian besar terdapat di Desa Rahayu Kecamatan Soko dan Desa Mandirejo Kecamatan Merakurak.


4. Gerabah Hias
Produksi Kerajinan gerabah (tembikar) disamping untuk memenuhi kebutuhan peralatan dapur dan pemasaran ikan olahan, juga mulai dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pasar pariwisata yakni berbagai aksesoris ruangan berupa guci, vas bunga, pot bunga, asbak dan berbagai desain lainnya. Sentra kerajinan gerabah ini terdapat di kecamatan : Tuban, Semanding, Rengel, Bangilan dan Soko.



Source:
http://tuban-myfuture.blogspot.co.id/2009/04/kerajinan-tangan.html

By:
Satria Bagus Dwi Mahendra
(14510010)

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerajinan tangan khas suku Dayak

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas